Resep Puding Karamel

Kepengen buat puding karamel ini gara-gara waktu berkunjung ke rumah mami, beliau lagi buat puding karamel. Teruus koq ngilerrr ya… Alhasil tanya resepnya, dan inilah resep asli dari mami :

Puding Karamel
bahan :
telur ayam 12 butir
susu putih uht 1 liter
gula pasir 2 gelas belimbing
air matang 1 gelas
vanila cair 1 sdt (boleh di skip)

woow banyak amiir telurnya ya…ini mah kayak mau buat untuk acara arisan. Baiklah, si resep saya cuma pake se-per-empat-nya saja..secara buatnya juga karena untuk nemenin papski begadang lembur kerjaan #ceritanya istri soleha *sambil benerin jilbab* πŸ˜…πŸ˜Ž

cara membuat :
1. gula pasir dimasak hingga berwarna kecoklatan tapi jangan sampai gosong sambil sedikit demi sedikit masukkan air ke dalam gula. masak hingga mendidih dan menjadi karamel. angkat dan letakkan ke dalam pyrex atau mangkok gelas (sesuai selera). harus gerak cepat niih…soalnya karamel cepat mengeras
note : pyrex sebelumnya sudah diolesi butter tipis-tipis.
2. campur telur dan susu, gunakan ballon wisk, cukup aduk hingga rata saja, tidak perlu sampai mengembang / kaku.
3. masukkan adonan telur susu ke dalam pyrex yang berisi karamel. saat memasukkan adonan, sebaiknya sambil disaring ya.
4. kemudian kukus adonan dengan menggunakan api kecil saja. masak hingga matang.
5. disimpan dalam kulkas. dingin lebih nikmat.

that’s it. Hanya kayak gitu aja buatnya. gampang ya… hahha…tapiii…satu hal yang saya ingat…waktu membuat gula hingga menjadi karamel, harus ekstra sabarrrr…kalo ga sabar, kejadian kayak saya deh…

alhasil, karena pengen cepet jadi pudingnya, si gula waktu di masak ga terlalu nyoklat…terus idenyaaa? hehehe…saya ambil sedikit adonan telur susu tadi, dan saya beri sedikit pasta moka… dan cara membuat nya :

dikukus lebih dahulu yang moka sekitar 15menit, baru dimasukkan adonan susu telur. dan kembali dikukus sampai masak.

penampakannya seperti ini

karena si karamel ga nyoklat…jadilah namanya sekarang Puding Karamel Moka Susu

cobaiin deeeh…😊

salam manis,
Sofi

Cheese Cake Simpel

Salah satu kue favorit saya adalah cheese cake. Dan sejak pertama icip cheese cake jadi penasaran pengen belajar buat cakenya. Tapi saat searching resep, wadoooww bahan-bahannya ada yang tidak tersedia di TBM Jambi. Alhasil mundurlah saya untuk mencoba nya. Dan jadi keseringan untuk beli di toko kue saja…heheh πŸ˜‚

Tapi…makin ke sininya…makin penasaran dengan yang namanya cheese cake. Jadi seminggu sebelum lebaran kemarin saya memberanikan diri dengan membuat cheese cake dengan resep yang saya copas dari Ibu Fatmah Bahalwan (resep ibu Fatmah bisa di gugling ya)

Ketika baca resepnya ada bahan di resep salah satu namanya sour cream…wadoow baru kali ini saya dengar kata sour cream…benda apakah itu? gugling internet, nah kata om gugle sour creme bisa dibuat sendiri atau kalo pengen praktis bisa diganti dengn yoghurt kental rasa plain. Rada ribet juga sih soalnya di resep itu ada biscuit marie regal/oreo yang harus dihancurkan sampe halus terus dibaking sebentar kira-kira kurleb 5menit. Fungsi nya sebagai crekers lapisan bawah si cheese cake.

Alhamdulillah percobaan pertama buat cheese cake berhasil cuma sayangnya loyang saya bukan loyang bongkar pasang (sesuai rekomendasi resep) :cry: tapi loyang kue ukuran 20x20cm jadi agak kesusahan saat pindahin si cheese karena cheese nya kan lembuut banget ya…jadi gampang hancur…teruuus jelek donk penampakannya kalo tidak hati-hati :-(
akhirnyaaa…saya akalin dengan memotong si cheese cake dan ditaruh di cup-cup kertas kue

cheese cake galau percobaan pertama

Hahaha penampakannya siih kurang meyakinkan ya (yang penampakan warna coklat gosong itu adalah marie regal yang dihaluskan)….etapi kalo rasa di jamin enak kaka…ngeju bangeeeed….etapii (lagi)….karena modelnya gitu jadi males saya untuk hias centil si cheese cake. Di resep juga ga dijelasin kue nya dipanggang pake api bawah saja atau atas bawah.
Jadinya ya eksperimen saja…kesimpulannya : ternyata dari hasil eksperimen cukup gunakan api bawah saja (percobaan pertama buat cheese cake saya pake api atas bawah)

Teruuus nyerah donk Sof buat cheese cake ? Hehehe tencuuu tidaak kaka…makin penasaran deh…buka youtube nemu resep simpel… Dan resepnya saya share disini dan saya modif sedikit :

Resep cheese cake :

Bahan I :
– Keju cheddar 150gr (saya pake keju jenis spread kyk prociz punya)-resep asli 125gr
– butter 40gr (saya pake merk royal palmia yang campuran margarin dan butter)
– susu segar 130ml (saya pake susu UHT putih kotak kecil)

Bahan II :
– terigu 20gr
– maizena 15gr
– kuning telur 2butir
– air jeruk lemon 1 sdt (saya pake air perasan jeruk nipis)

Bahan III :
– putih telur 2butir (resep asli 3butir)
– gula pasir 80gr
– 1/4 sdt cream of tar-tar (saya tidak pake)
– air perasan jeruk nipis 1sdt (tambahan saya)

Cara membuatnya aaya jelasin secara ringkas saja ya kakaaa :
1. Bahan I : dicampur dan dimasak dengan api kecil.
Setelah tercampur rata dan halus, angkat dr kompor.
2. Selagi adonan keju masih hangat masukkan bahan II ke dalam adonan keju yaitu urutannya : terigu+maizena yg sudah dicampur masukkan ke dalam adonan keju (waktu memasukkan tepung sebaiknya sambil diayak), kemudian baru masukkan kuning telur satu per satu terakhir baru masukkan perasan jeruk nipis. Aduk sampai benar-benar rata. Sisihkan.
3. Panaskan oven kurang lebih dengan temperatur 160derajat, masukkan loyang yg sudah diisi air kira-kira 1/4 tinggi loyang cheese cake yang telah dilapisi alumunium foil
4. Bahan III : kocok putih telur dan gula pasir sampai soft peak.
5. Campur bahan III ke adonan keju, aduk sampai rata.
6. Masukkan adonan ke dalam loyang cheese cake
7. Masukkan loyang cheese cake ke dalam loyang yang sudah diisi air tadi. cek apakah air dalam loyang sudab hangat. tidak perlu mendidih. cukup sampai terlihat ada gelembung air di dasar loyang.
8. Baking di oven listrik kurang lebih 60menit dan lakukan test tusuk utk cek kematangan.

note :
1. karena kertas roti dirumah habis dan takut si cheese cake lengket di loyang (sampai saat ini pun saya belum sempat beli loyang bongkar pasang) jadi saya pake cup aluminium foil
2. Di resep asli tidak menyebutkan pakai api bawah atau atas, tapi karena pengalaman baking pertama saya sarankan pakai api bawah saja.
3. Salah satu keuntungan membuat cream cheese pakai keju jenis spread, cream cheese menjadi cepat halus dan tidak bergerindil. Pada percobaan pertama saya pake yang jenis cheedar adonan lama halusnya.
4. Satu resep ini menghasilkan 10cetakan aluminium foil

 Penampakan cheese cake nya : 

bluberry cheese cake


  

strawberry cheese cake

Kalo ditanya saya lebih suka cheese cake percobaan pertama yang menggunakan biscuit serta sour cream atau cheese cake dengan bahan yang lebih simpel ? Dibanding bahan yg super duper lengkap pake biscuit dan sour cream, saya jatuh cinta sama cheese cake yang sangat simpel ini. Kenapa ?

Pertama saya tidak perlu repot menghaluskan biscuit heheh makan waktu ya booook. Udah gitu harus dipanggang bentar pula.

Kedua, nah kalo resep pake biscuit, kejunya buanyaaak amiiir, jadi eneg kalo kebanyakan makannya hahahha tapi kalo resep simpel ini ngejunya pas dan buat nagih karena tidak eneg.

ketiga, bahan-bahannya sangat gampang didapat…heheh ada di Alfa mart atau Indomaret.

Keempat….haduuuh cukup tiga saja dulu ya kaka…makanya dicobain deh, pasti sukaaak!

Salam manis,
Sofi 😊

Muffin Keju

Berawal pernah ngeliat picture muffin keju di blognya bebe, terus langsung di keep link resep yang mama Jo tulis.

Dan akhirnya baru kesampean nyobain buat muffin di hari Minggu sore kemarin. Ternyata buat muffin keju itu sungguh ga ribet samsek, ga perlu mikser, bahannya pun gampang di dapat. Disini akan saya tulis ulang kembali resepnya.

MUFFIN KEJU
Bahan :
Tepung terigu 250 gr
Baking soda 1/2 sdt
Baking powder 1 1/2 sdt
Gula halus 60 gr
Margarin 100 gr (cairkan)
Keju parut 110 gr (lebih banyak lebih berasa kejunya)
Telur ayam 2 butir
Susu cair 150 ml

Cara Membuat :
1. Susu cair + keju parut di campur menjadi satu dalam wadah dan panaskan diatas kompor, aduk hingga keju larut. Angkat. Dinginkan.
2. Panaskan oven dengan temperatur 190 derajat api bawah.
3. Dalam baskom, campur terigu, gula halus, baking soda dan baking powder aduk hingga rata.
4. Masukkan telur yang telah dikocok lepas dan mentega ke dalam adonan susu keju. Aduk hingga tercampur rata.
5. Setelah rata adonan tersebut dimasukkannke dalam baskom yang berisi campuran terigu. Aduk dengan menggunakan spatula. Jangan terlalu lama. Cukup hingga rata saja (hasil adonan tidak encer)
6. Kemudian susun adonan ke dalam cetakan muffin. Isi hampir penuh (bukan penuh ya). Bisa ditaburi sedikit keju parut diatas adonan sebagai penghias muffin.
7. Panggang kurang lebih 20 menit dengan menggunakan api bawah saja. Supaya muffin tidak gosong bagian bawahnya maka saat baking muffin letakkan di rak bagian tengah oven.

  
Selamat mencoba !

note : trims ya mama Jo untuk link resepnya

KEPO yang berujung STALKING dan berakhir CELOTEH

Ditulis : Minggu, 17 Mei 2015

Seperti judul blognya KEPO alias Knowing Every Particular Object yeesss kemarin aseli saya kepo dan berujung stalking.
Saya bukan tipe orang yang kepo. Apalagi yang rajin buka fesbuk, baca recent update di bbm setiap saat atau buka Line profil, endesbre endesbra…hanya untuk kepoin orang. Not my typical deh. Walau emang sih belakangan ini suka update di Path gegara tahun ini lebih banyak pergi sana-sini dan ngapdet status biar kekinian wkwkkw :-D #apaaa sehhh..dan itupun ga ngapdet tiap hari. Beneran lhoo saya bukan yang up to date.

Nah kepo saya itu dimulai ketika hari Kamis kemarin disaat semua orang kebanyakan ambil cuti dan liburan, saya sama papski liburan dirumah saja, beli film dvd yang ga sempat ditonton di 21. Iseng buka recent updates bbm rata-rata isinya emang lagi berlibur. Dan ketika saya ngeliat profile picture seorang temen. kita sebut aja namanya M (tapi bukan mawar ya hihihihi)
weiits…koq pict nya dia lagi acara lamaran seserahan dan yang cewe nya dicium kening. Bukannya dia kemarin ngomong di grup bbm kalo istrinya beda 5th dari dia. teruus anaknya juga udah kelas 2 sd. Tapi tapi tapi … koq DP nya bercerita lain. Kepo donk sayah…

Langsung saya bbm temen saya sebut aja si I yang kebetulan temenan juga sama si M. Dia bales dengan icon ketawa ngakak dan dibalesnya, “kan udah pernah gue bilang dulu sama elu”
Lha saya beneran bingung, kapan dia cerita ya? Kenapa cerita yang heits gini saya bisa ga nanggap.
Terus gimana ceritanya si M baru mau nikah tapi anaknya aja udah sekolah SD. heem.. apa ini istri keduanya ya..? yang pertama cerai.

Baca lebih lanjut

Cake Isi Roti Tawar Gulung

Kemarin sore seperti biasa kalo wiken papski pasti nanyain makanan ringan. Stock dirumah ada roti tawar, cuma koq bosen yah kalo dibuat roti tawar gulung yang dipanggang atau buat roti bakar. Dari kemarin kepikiran pengen buat cake yang isinya roti tawar tapi karena awalnya ngerasa pasti ribet jadi sudah ga mood duluan. (Ternyata….ga ribeettt lhooo !!!)

Berhubung karena masih penasaran gimana rasanya cake yang diisi roti tawar, akhirnya cari referensi resep. Tentunya dengan kesotoyan saya, resep dimodifikasi. Toh yang icipnya juga papski hihihihi #maap ya pap selalu jadi percobaan mamski :kisskiss:

Kali ini saya nulis resepnya saya gunakan juga ukuran sendok makan, biar gampang ingetnya ga perlu pake repot keluarin timbangan dari dalam lemari #hahaha ini mah saya banget yang suka males nimbang.

Baca lebih lanjut

Resep Kue Sus Menul

Selamat pagi Palembang…sudah 3hari disini…

Apa kabar papsiku yang disana ?
Sudah sarapan belummm ya?
Masih adakah kue sus yang mamski buat hari Minggu malam kemarin ?
Kue sus menul itu kalo disimpen dalam kulkas akan tetap tahan kurang lebih 1 minggu. Kalo di suhu ruang bisa bertahan 3hari dengan catatan disimpan dalam wadah kedap udara.
Resep kue sus ini pernah saya tulis disini. Cuma bedanya kalo kemarin sus nya gak saya wadahin pake cetakan. Sekarang saya coba pake cetakan pie…maksud hati supaya seragam besarnya…ternyata double keuntungannya…bagian bawah juga ga gampang gosong dan sus gak melempes.

Vla nya juga saya modif sedikit. Saya campur dengan whiped cream han. Dan hasilnya….yumiiiii lebih enduuuuzz.

Untuk resepnya saya tulis ulang ya. Tapi untuk tipsnya monggo dihaturi mampir ke sini.

Yuk dicoba lagiii
Baca lebih lanjut